Diskominfo Empat Lawang Gelar Sosialisasi KIM

EMPAT LAWANG-Dinas Komunikasi dan Informatika Empat Lawang laksanakan giat Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kamis (29/04/2021).

Keberadaan KIM itu sendiri bertujuan untuk membentengi masyarakat dari informasi atau berita-berita hoax, serta mengedukasi masyarakat untuk interaktif dalam menerima informasi baik yang disampaikan oleh Pemerintah melalui Media Cetak, Online dan Elektronik.

Dengan demikian komunikasi Dua arah benar-benar berjalan. Sehingga tujuan KIM mengajak masyarakat cerdas dalam menerima informasi untuk kemajuan daerah bisa tercapai.

“Keberadaan KIM nantinya bisa memberikan angin segar bagi masyarakat dalam menghadapi era digitalisasi saat ini. Sehingga informasi yang tersebar bisa disaring dengan benar, dan masyarakat akan lebih cerdas di dalam menerima informasi yang membawa kepada kemajuan,” ujar Pj.Sekda Empat Lawang Indera Supawi.

Pihaknya berharap kedepan KIM di setiap Kecamatan, Desa, dan Kelurahan perlahan-lahan harus segera terbentuk. Dengan adanya KIM maka akan memberikan timbal balik antara masyarakat, Pemerintahan serta wartawan akan terjalin dengan baik, sehingga informasi-informasi yang diterima oleh masyarakat benar-benar valid.

“Melalui sosilaisasi KIM ini, kedepannya bisa memberikan edukasi dan desiminasi informasi yang mencerdaskan masyarakat. Selain itu juga informasi dari Pemerintah bisa tersampaikan,” Ucapnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Diskominfo Empat Lawang, Agus Rochmat Basuki didampingi Kabid Humas Rustam Efendi, menjelaskan keberadaan KIM kedepannya akan jadi perhatian serius.

Ini merupakan program dari Kementrian Kominfo yang di gawangi oleh seluruh instansi Pemerintah yang ada di Indonesia umumnya dan Empat Lawang khususnya. Program ini sendiri bertujuan mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka terhadap informasi.

“Keberadaan KIM ini bertujuan menciptakan yang aktif dan inovatif dalam menyampaikan serta menerima informasi baik itu dari Pemerintah maupun dari Media,” terangnya.

Acara Sosialisasi KIM sendiri menghadirkan dua narasumber yakni dari Organisasi PWI dan SMSI Empat Lawang, di mana peran Media memeliki fungsi vital dalam penyampaian informasi di era sekarang.

“Narasumber ini Ketua PWI Empat Lawang dan Ketua SMSI Empat Lawang, sebab kawan-kawan dari media inilah yang menjadi mitra utama kita untuk menyampaikan informasi yang membangun bagi masyarakat. Secara otomatis tujuan dan program Pemerintah akan lebih jelas diketahui oleh masyarkat,” ujar Agus Rochmat Basuki.

Ketua SMSI Empat Lawang, Arwin Za, menuturkan keberadaan KIM sangatlah menguntungkan bagi Pemerintah serta masyarakat terutama bagi Media. Sebab ketika informasi terbuka dan terbangun dengan baik, maka sasaran utama untuk memerangi hoax bisa tercapai, artinya masyarakat akan lebih cerdas memilih serta membagikan informasi yang menjurus pada kemajuan dan inovatif.

“Saya mewakili organisasi SMSI sangat mendukung kegiatan KIM ini, artinya kemitraan Pemerintah dengan Media bisa terjalin erat dan hasilnya akan mampu mengedukasi masyarakat dalam berperan aktif memberikan informasi untuk kemajuan daerah, namun tetap berfungsi sebagai kontrol sosial terhadap Pemerintah, agar laju pemerintahan sesuai dengan harapan bersama,” terang Erwin.

Ketua PWI Empat Lawang Beni Syafrin mengatakan adanya sosialisasi KIM merupakan cikal bakal keseriusan pemerintah dalam mengajak masyarakat serta Media sebagai leading sector mitra penyebar informasi.

“Dalam kesempatan ini saya selaku Ketua PWI dan sekaligus Narasumber dalam acara KIM ini, ingin menyampaikan bahwasanya keberadaan Media bekerja sebagai kontrol sosial, serta berperan serta untuk mengedukasi masyarakat Empat Lawang dalam hal menerima serta menyebarkan informasi yang benar dan jelas bukan berita Hoax,” ujarnya. (Kominfo)

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *